Senin, 30 Desember 2013

OWNCLOUD Cloud Computing Berbasis WEB

Oleh : Ahmad Firdha Shafridhi
           Cloud Computing (Komputasi berbasis Awan) adalah sebuah rancangan/konsep dimana sebuah computer terpusat yang memiliki kapasitas tinggi dan kemampuan cepat yang di gunakan sebagai media center/ pusat dari segala penyimpanan, dan sumber daya komputasi yang di tujukan untuk mengurangi pembaharuan kapasitas pada host/client/pengguna.
Dalam artian lain, Departemen Perdagangan NIST (National Institute of Standards and Technology - www.nist.gov) di Amerika Serikat mendefinisikan Cloud Computing sebagai model yang memungkinkan kenyamanan, akses jaringan on-demand untuk memanfaatkan bersama suatu sumber daya komputasi yang terkonfigurasi (jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan), dan dapat secara cepat diberikan dengan upaya manajemen yang minimal atau interaksi penyedia layanan.
           Banyak komputasi awan yang telah diimplementasikan bahkan pernah di gunakan oleh orang awam maupun orang IT. Contohnya adalah google drive, Dropbox, 4shared, dan banyak lagi yang bisa di cari di internet yang di antaranya telah di gratiskan dan ada juga yang berbayar.
           Salah satu layanan cloud yang bisa digunakan secara pribadi, bisnis mapun skala besar perusahaan adalah Owncloud. Owncloud mempunyai fitur yang lumayan lengkap mulai dari Access data,  sinkronisasi data, Berbagi data, Kontak, Kalender, Galeri, Pemutar Musik, Document Viewer, dan banyak lagi fitur-fitur yang dimiliki Owncloud. Owncloud sendiri memiliki 3 edisi yaitu edisi komunitas, edisi bisnis, dan Edisi Perusahaan.
           Ide mengenai Owncloud ini di mulai pada tahun 2010. Frank Karlitschek menginginkan perangkat lunak gratis dan bebas tetapi aman dan fleksible dalam mengatur berkas. Dalam perjalanannya proyek tersebut bergerak dan menemukan berbagai kontributor, ownCloud berhasil membuat berbagai macam rilis dan tersedia dalam 42 jenis bahasa di dunia.
           Owncloud memiliki kelebihan selain gratis adalah memiliki berkas penyimpanan yang mudah dipahami oleh pengguna biasa sekalipun. Selain memiliki fitur yang sangat banyak Owncloud  sangat aman di gunakan karena saat computer server kena hack maka data yang ada di dalamnya di enkripsi sehingga hacker tidak mudah untuk membacanya.

           Disini penulis mencoba implementasi langsung owncloud pada raspberry PI untuk keperluan pribadi. Beberapa perangkat keras yang digunakan adalah raspberry PI, SD Card 16 GB lvl 10 sebagai media penyimpanan, jaringan nirkabel(WIFI), kabel STP, dan server raspbian Operating System (debian 7). Disisi perangkat lunak yang dibutuhkan adalah server web menggunakan apache2, server database menggunakan MySQL, dan konfigurasi network.
raspberry pi dengan perangkat
Raspberry PI dan perangkat
Langkah pertama adalah Instalasi Owncloud :

Selanjutnya adalah konfigurasi database :


Terakhir merestart Web Server.

Konfigurasi selanjutnya melalui WEB Browser. Masukkan http://ServerName/owncloud di web browser dan konfigurasi ID Admin, Password Admin, Data Folder, dan database.

Terakhir adalah konfigurasi database.

Beberapa screenshoot Owncloud :
1.      Pemutar music dan berbagi music.

2.      Manajemen kontak yang juga bisa di bagi ke user lain.

3.      Mengatur penjadwalan dengan kalender.

4.      Berbagi galeri foto.

5.      Aplikasi tambahan.

            Dari beberapa screenshoot sebelumnya dapat disimpulkan kemudahan akses, manajemen yang mudah, dan antar muka yang bersahabat (User Friendly) menjadikan owncloud bisa di implementasikan dimana saja. Memudahkan pekerjaan dan membuat manajamen file yang terpusat sehingga berkas pekerjaan, kuliah dan kantor tersusun dan tersimpan secara aman dan rapi.

Sumber :
Admin Owncloud, 2013. http://owncloud.org/about/. Di Akses 20 Oktober 2013.Nuri, 2013.http://www.nurikidy.com/2013/07/12/owncloud-open-source-cloud-storage/. Di Akses 20 Oktober 2013.
Insaf Albert Tarigan, 2013. http://chip.co.id/news/general/2841/memahami_cloud_ computing. Di Akses 20 Oktober 2013.



Tidak ada komentar: